YAITU SUATU TEMPAT BERTEMUNYA PARA PENJUAL DAN PEMBELI UNTUK MELAKUKAN TRANSAKSI DALAM RANGKA MEMPEROLEH MODAL.
PENJUAL = EMITEN
PEMBELI = INVESTOR
MENGANALISA
MODAL JANGKA PANJANG
INSTRUMEN PASAR MODAL
= BARANG YANG DIPERJUAL BELIKAN DI
PASAR MODAL.
JENIS INSTRUMEN PASAR MODAL :
1.
SAHAM (STOCKS)
= SURAT BERHARGA YANG BERSIFAT KEPEMILIKAN.
PEMILIK SAHAM MERUPAKAN PEMILIK PSH ----- KEUNTUNGAN
JENIS-JENIS SAHAM :
A. DARI SEGI CARA PERALIHAN
-
SAHAM
ATAS UNJUK (BEARER STOCK), MERUPAKAN SAHAM YANG TIDAK MEMPUNYAI NAMA ATAU TIDAK
TERTULIS NAMA PEMILIK DALAM SAHAM TERSEBUT
-
SAHAM
ATAS NAMA (REGISTERED STOCKS), DIDALAM SAHAM TERTULIS NAMA PEMILIK SAHAM
TERSEBUT.
B. DARI SEGI HAK TAGIH
-
SAHAM
PREFEREN (PREFERED STOCKS), MERUPAKAN SAHAM YNAG MEMPEROLEH HAK UTAMA DALAM
DEVIDEN DAN HARTA APBL PSH DILIKUIDASI
-
SAHAM
BIASA (COMMON STOCKS), MERUPAKAN SAHAM YANG TIDAK MEMPEROLEH HAK UTAMA DALAM
DEVIDEN DA HARTA APABILA PSH DILIKUIDASI.
2.
OBLIGASI (BONDS)
MERUPAKAN INSTRUMEN
HUTANG BAGI PSH YANG AKAN MEMPEROLEH MODAL. TIDAK MEMPUNYAI HAK TERHADAP
MANAJEMEN PERUSAHAAN.
JENIS-JENIS OBLIGASI :
A. DITINJAU DARI SEGI HAK TAGIH
-
OBLIGASI
ATAS UNJUK (BEARER BONDS)
-
OBLIGASI
ATAS NAMA (REGISTERED BONDS)
B. DITINJAU DARI SEGI JAMINAN YANG
DIBERIKAN ATAU HAK KLAIM
-
OBLIGASI
DENGAN JAMINAN (SECURED BONDS), MERUPAKAN OBLIGASI YANG DIJAMIN DENGAN JAMINAN
TERTENTU A.L. OBLIGAASI DENGAN JAMINAN HARTA, DENGAN JAMINAN PERALATAN, DLL.
-
OBLIGASI
TANPA JAMINAN (UNSECURED BONDS), HANYA BERBENTUK KEPERCAYAAN ------ PEMERINTAH
C. DITINJAU DARI SEGI CARA PENETAPAN DAN
PEMBAYARAN BUNGA DAN POKOK
-
OBLIGASI
DENGAN BUNGA TETAP
-
OBLIGASI
DENGAN BUNGA TIDAK TETAP
-
OBLIGASI
TANPA BUNGA
D. DITINJAU DARI SEGI PENERBIT
-
PEMERINTAH
-
SWASTA
E. DITINJAU DARI SEGI JATUH TEMPO
-
JANGKA
PENDEK
-
JANGKA
MENENGAH
-
JANGKA
PANJANG
PARA PEMAIN DI PASAR MODAL
-
PEMAIN
UTAMA
-
LEMBAGA
PENUNJAN
PEMAIN UTAMA :
1. EMITEN
PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN PENJUALAN
SURAT2 BERHARGA ATAU MELAKUKAN EMISI DI BURSA
------ PILIH 2 INSTRUMEN PASAR MODAL.
TUJUAN MELAKUKAN EMISI :
A. UNTUK PERLUASAN USAHA, DENGAN MODAL
YANG DIPEROLEH DIGUNAKAN UNTUK MEMPERLUAS BIDANG USAHA, PERLUASAN PASAR ATAU
KAPASITAS PRODUKSI
B. UNTUK MEMPERBAIKI STRUKTUR MODAL,
BERTUJUAN UNTUK MENYEIMBANGKAN ANTARA MODAL SENDIRI DENGAN MODAL ASING
C. UNTUK MENGADAKAN PENGALIHAN PEMEGANG
SAHAM----- DARI PEMEGANG SAHAM LAMA KE PEMEGANG SAHAM BARU
2. INVESTOR
PEMODAL/INVESTOR AKAN MENANAMKAN
MODALNYA DI PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN EMISI
TUJUAN UTAMA PARA INVESTOR DALAM PASAR
MODAL :
A. MEMPEROLEH DEVIDEN
B. KEPEMILIKAN PERUSAHAAN
C. BERDAGANG
LEMBAGA PENUNJANG
A.
PENJAMIN EMISI (UNDERWRITER)
MERUPAKAN LEMBAGA YANG MENJAMIN
TERJUALNYA SAHAM ATAU OBLIGASI SAMPAI BATAS WAKTU TERTENTU.
PENJAMIN EMISI DIBAGI KE DALAM
BEBERAPA JENIS, A.L. :
-
FULL
COMMITMENT (KESANGGUPAN PENUH), PENJAMIN EMISI MENGAMBIL SELURUH RESIKO TIDAK
TERJUALNYA SAHAM ATAU OBLIGASI PADA BATAS WAKTU YANG TELAH DITENTUKAN SESUAI
DENGAN HARGA PENAWARAN DI PASAR
-
BEST
EFFORT COMMITMENT (KESANGGUPAN TERBAIK), PENJAMIN EMISI BERUSAHA UNTUK MENJUAL
SAHAM ATAU OBLIGASI, APABILA TIDAK LAKU DIKEMBALIKAN KEPADA EMITEN
-
STANDBY
COMMITMENT (KESANGGUPAN SIAGA), APABILA SAHAM/OBLIGASI TIDAK LAKU MAKA PENJAMIN
EMISI BERSEDIA MEMBELI DENGAN KETENTUAN HARGA YANG DIBELI DIBAWAH HARGA
PENAWARAN DI PASAR
B. PERANTARA PERDAGANGAN EFEK (BROKER/PIALANG), MENJADI PERANTARA DALAM JUAL BELI
EFEK, YAITU ANTARA PENJUAL (EMITEN) DAN PEMBELI (INVESTOR)
C.
PERDAGANGAN EFEK (DEALER)
-
PEDAGANG
DALAM JUAL BELI EFEK
-
PERANTARA
DALAM JUAL BELI EFEK
D. PENANGGUNG (GUARANTOR), ADALAH PIHAK YANG MENANGGUNG PEMBAYARAN KEMBALI JUMLAH POKOK
+ BUNGA OBLIGASI DALAM HAL EMITEN TIDAK MEMENUI JANJI KEPADA INVESTOR
E. WALI AMANAT (TRUSTEE), DIPERLUKAN PADA EMISI OBLIGASI KARENA WALI AMANAT AKAN
BERTINDAK SEBAGAI PIHAK YANG DIPERCAYA UNTUK MEWAKILI KEPENTINGAN PARA INVESTOR----FEE
-
MENILAI
KAKAYAAN EMITEN
-
PENGAWASAN
PERKEMBANGAN EMITEN
-
MEMONITOR
PEMBAYARAN BUNGA + POKOK, DLL
F. PERUSAHAAN SURAT BERHARGA (SECURITIES
COMPANY), PERUSAHAAN
YANG MENGKHUSUSKAN DIRI DALAM PERDAGANGAN SURAT2 BERHARGA YANG TERCATAT DI BURSA EFEK. KEGIATAN
PERUSAHAAN SURAT
BERHARGA, MELIPUTI :
-
SEBAGAI
PEDAGANG EFEK
-
PENJAMIN
EMISI
-
PERANTARA
PERDAGANGAN EFEK
-
PENGELOLA
DANA
G. PERUSAHAAN PENGELOLA DANA (INVESTMENT COMPANY),
YAITU PERUSAHAAN YANG KEGIATANNYA MENGELOLA SURAT2 BERHARGA YANG AKAN
MENGUNTUNGKAN SESUAI DENGAN KEINGINAN INVESTOR
H. KANTOR ADMINISTRASI EFEK, MERUPAKAN KANTOR YANG MEMBANTU PARA
EMITEN DAN INVESTOR DALAM RANGKA MEMPERLANCAR ADMINISTRASINYA :
-
MELAKSANAKAN
KEGIATAN MENYIMPAN DAN MENGALIHKAN HAK ATAS SAHAM PARA
INVESTOR
-
MEMBANTU
MENYUSUN DAFTAR PEMEGANG SAHAM
-
MEMBANTU
MENYUSUN DAFTAR PEMEGANG SAHAM
-
MEMPERSIAPKAN
KORESPONDEN EMITEN KEPADA PARA PEMEGANG SAHAM
-
MEMBUAT
LAPORAN-LAPORAN YANG DIPERLUKAN
LEMBAGA YANG TERLIBAT DI PASAR MODAL
LEMBAGA –LEMBAGA YANG BERKECIMPUNG DI
PASAR MODAL TERDIRI DARI BERBAGAI PERUSAHAAN YANG SALING MEMBUTUHKAN. LEMBAGA2
INI YANG MENGATUR MEKANISME KERJA PASAR MODAL SEHINGGA DAPAT BERJALAN SECARA
BAIK. LEMBAGA TSB TERDIRI DARI LEMBAGA PEMERINTAH DAN LEMBAGA SWASTA DI MANA
JASA MASING2 LEMBAGA MEMPUNYAI PERANAN MASING2 MULAI DARI PERUSAHAAN YANG AKAN
GO PUBLIK SAMPAI SELESAI GO PUBLIK.
LEMBAGA TERKAIT DENGAN
PASAR MODAL TERDIRI DARI LEMBAGA PEMERINTAH DAN LEMBAGA SWASTA, YAITU :
1. LEMBAGA-LEMBAGA PEMERINTAH
MERUPAKAN
LEMBAGA ATAU BADAN PEMERINTAH YANG DITUGASKAN UNTUK MENDUKUNG DAN MEMPERLANCAR
PROSES PERDAGANGAN EFEK DI PASAR MODAL MULAI DARI RENCANA EMISI SAMPAI KEPADA
PENJUALAN EFEKNYA. LEMBAGA2 PEMERINTAH YANG TERKAIT DENGAN KEGIATAN DI PASAR
MODAL TERSEBUT ADALAH :
A.
BADAN PENGAWAS PASAR MODAL (BAPEPAM)
MERUPAKAN LEMBAGA PENGATUR PASAR
MODAL YANG BERTUGAS MENGATUR DAN MELAKSANAKAN PASAR MODAL DI INDONESIA. TUGAS BAPEPAM SEBAGAI
PENGATUR PASAR MODAL ANTARA LAIN :
-
MEMBINA
PASAR MODAL
-
MENGATUR
PASAR MODAL
-
MENGAWASI
KEGIATAN-KEGIATAN YANG TERLIBAT DI PASAR MODAL.
B.
BADAN KOORDINASI PENANAMAN MODAL
(BKPM)
SETIAP PERUSAHAAN YANG AKAN MENANAMKAN
MODALNYA DI INDONESIA
BAIK PMDN MAUPUN PMA HARUS MEMPEROLEH IJIN DARI BKPM TERLEBIH DULU. IJIN AKAN
DIBERIKAN BKPM SETELAH MEMENUHI BERBAGAI PERSYARATAN YANG DITETAPKAN BAGI
PERUSAHAAN YANG AKAN MELAKUKAN GO PUBLIK. IJIN PENANAMAN MODAL HARUS
DIKELUARKAN OLEH BKPM YANG MEMUAT ANTARA LAIN :
-
KOMPOSISI
DAN JUMLAH DANA INVESTASI
-
BESARNYA
MODAL DASAR PERUSAHAAN
-
BATAS
WAKTU PENYETORAN MODAL
-
KOMPOSISI
PEMEGANG SAHAM
C.
DEPARTEMEN TEKNIS
SETIAP BIDANG USAHA IJINNYA AKAN
DIKELUARKAN OLEH DEPARTEMEN YANG MEMBAWAHINYA. SEBAGAI CONTOH UNTUK USAHA
PERTAMBANGAN, MAKA IJIN USAHANYA HARUS DIKELUARKAN OLEH DEPARTEMEN PERTAMBANGAN
DAN ENERGI. ADAPUN IJIN USAHA YANG DIKELUARKAN OLEH DEPARTEMEN UNTUK BIDANG
USAHANYA ADALAH SEBAGAI BERIKUT :
-
IJIN
USAHA BIDANG KEUANGAN DAN PERBANKAN DARI DEPARTEMEN KEUANGAN MELALUI BANK INDONESIA
-
IJIN
USAHA BIDANG PENGANGKUTAN DARI DEPARTEMEN PERHUBUNGAN
-
IJIN
USAHA BIDANG PERDAGANGAN DARI DEPARTEMEN PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN
-
IJIN
USAHA BIDANG PERKEBUNAN DAN PETERNAHAN DARI DEPARTEMEN PERTANIAN
-
IJIN
USAHA BIDANG PARIWISATA DARI DEPARTEMEN POS DAN TELEKOMUNIKASI
D. DEPARTEMEN KEHAKIMAN
BAGI PERUSAHAAN YANG BERBENTUK
PERSEROAN TERBATAS, SEBELUM DIDIRIKAN MAKA ANGGARAN DASAR PERUSAHAAN TERLEBIH
DULU HARUS DISAHKAN OLEH DEPARTEMEN KEHAKIMAN. ANGGARAN DASAR INI SEBELUMNYA
DIBUAT DI DEPAN NOTARIS KEMUDIAN DIDAFTARKAN DI PENGADILAN NEGERI SETEMPAT
UNTUK KEMUDIAN DISAHKAN OLEH DEPARTEMEN KEHAKIMAN DAN DIBERITAKAN DALAM
LEMBARAN BERITA NEGARA.
ADAPUN TUGAS DEPARTEMEN KEHAKIMAN ADALAH :
A.
MENGESAHKAN ANGGARAN DASAR PERUSAHAAN
DENGAN MEMPERHATIKAN HAL-HAL YANG MENYANGKUT SBB :
-
JUMLAH
MODAL DAN KOMPOSISINYA
-
JUMLAH
MODAL YANG TELAH DISETOR
-
SUSUNAN
DEWAN DIREKSI
-
JUMLAH
DEWAN KOMISARIS DAN WEWENANG MASING-MASING
-
PELAKSANAAN
RUPS
B.
SETIAP PERUBAHAN ANGGARAN DASAR HARUS
DIKETAHUI DAN DISETUJUI OLEH DEPARTEMEN KEHAKIMAN
2. LEMBAGA-LEMBAGA SWATA
LEMBAGA SWASTA YANG MEMPUNYAI KAITAN
ERAT DENGAN PASAR MODAL ANTARA LAIN :
A.
NOTARIS
RENCANA UNTUK MENJUAL SAHAM ATAU
OBLIGASI DI PASAR MODAL TERLEBIH DULU DIBICARAKAN DAN DISETUJUI DALAM RUPS.
DALAM RUPS HARUS DICATAT DAN AGAR PENCATATANNYA DIANGGAP SAH MAKA DIPERLUKAN
JASA NOTARIS UNTUK MENGESAHKAN ACARA RUPS. CATATAN2 YANG PERLU DISAHKAN OLEH
NOTARIS ANTARA LAIN :
-
MEMBUAT
BERITA ACARA RUPS
-
MENYUSUN
SETIAP KEPUTUSAN DALAM RUPS
-
MENELITI
KEABSAHAN YANG BERKAITAN DENGAN PENYELENGGARAAN RUPS SEPERTI KEABSAHAN
PERSIAPAN RUPS, KEABSAHAN PARA PEMEGANG SAHAM
-
MENELITI
PERUBAHAN ANGGARAN
B.
AKUNTAN PUBLIK
PERANAN AKUNTAN PUBLIK DIBUTUHKAN
UNTUK MELAKUKAN PENILAIAN DAN MENENTUKAN KELAYAKAN DARI LAPORAN KEUANGAN
SEPERTI NERACA, LAPORAN RUGI /LABA DAN LAPORAN PERUBAHAN MODAL EMITEN.
SETELAH MELALUI BEBERAPA
PENILAIAN TERHADAP LAPORAN KEUANGAN EMITEN, MAKA AKUNTAN PUBLIK AKAN
MENGELUARKAN PERNYATAAN ATAU PENDAPAT TERHADAP HASIL PENILAIAN YANG TELAH DILAKUKANNYA.
PENDAPAT YANG DIKELUARKAN OLEH AKUNTAN
PUBLIK ADALAH :
1. WAJAR TANPA SYARAT (UNQUALIFIED OPINION), PENDAPAT INI
DIKELUARKAN APABILA LAPORAN KEUANGAN DISUSUN SESUAI DENGAN PRINSIP-PRINSIP
AKUNTANSI INDONESIA (PAI) TANPA ADA SESUATU CATATAN ATAU KEKURANGAN
2. PENDAPAT KUALIFIKASI (QUALIFIED OPINION), PENDAPAT WAJAR
DENGAN KUALIFIKASI ATAS PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN TERSEBUT DIKARENAKAN TIDAK
SESUAI DENGAN PAI.
3. PENDAPAT TIDAK SETUJU (ADVERSE), TIDAK SETUJU ATAS PENYUSUSNAN LAPORAN KEUANGAN YANG TELAH
DISUSUN
4. MENOLAK (DECLINE OF OPINION), MENOLAK MEMBERIKAN PENDAPAT SECARA
PROFESIONAL
C.
KONSULTAN HUKUM
KONSULTAN HUKUM BERTUGAS MEMBERIKAN
PERNYATAAN2 TENTANG KEABSAHAN DARI DOKUMEN2 YANG DIAJUKAN. TUGAS PARA KONSULTAN HUKUM ADALAH MENELITI SECARA SUNGGUH2
DOKUMEN2 YANG DIPERSYARATKAN.
HAL YANG PERLU MENDAPAT
PENELITIAN DAN PERNYATAAN DARI KONSULTAN HUKUM HARUSLAH MELIPUTI :
-
AKTE
PENDIRIAN DAN ANGGARAN PERUSAHAAN BESERTA PERUBAHANNYA JIKA ADA
-
PENYERTAAN
MODAL OLEH PEMEGANG SAHAM SEBELUM GO PUBLIK
-
PENILAIAN
IJIN USAHA
-
STATUS
KEPEMILIKAN DARI AKTIVA PERUSAHAAN
-
PERJANJIAN
YANG TELAH DIBUAT DENGAN PIHAK KETIGA JIKA ADA
-
KEMUNGKINAN
ADA GUGATAN
ATAU TUNTUTAN
D. PENILAI (APPRAISER)
UNTUK
MENILAI KEWAJARAN DARI NILAI SUATU AKTIVA SEPERTI TANAH, MESIN2, GEDUNG, MOBIL
DAN AKTIVA LAINNYA DIPERLUKAN JASA PENILAI YANG PROFESIONAL. PENILAI AKAN
MENILAI BERAPA NILAI YANG WAJAR SEKARANG INI DAN SETELAH DILAKUKAN REVALUASI
SEHINGGA SELURUH NILAI AKTIVA DAPAT DIKETAHUI SECARA JELAS DAN BENAR.
E. KONSULTAN EFEK
KONSULTAN EFEK BERTUGAS
MEMBERIKAN PENDAPAT TENTANG KEUANGAN DAN
MANAJEMEN EMITEN. KONSULTAN EFEK AKAN
MEMBERIKAN KONSULTASI TENTANG :
-
JENIS
DANA YANG DIPERLUKAN
-
PEMILIHAN
SUMBER DANA YANG DIINGINKAN
-
STRUKTUR
PERMODALAN YANG TEPAT
PROSEDUR EMISI
BAGI PERUSAHAAN YANG AKAN MELAKUKAN
EMISI BAIK SAHAM MAUPUN OBLIGASI DI PASAR MODAL HARUS MEMENUHI PERSAYARATAN DAN
PROSEDUR YANG BERLAKU YANG TELAH DITETAPKAN DI PASAR MODAL. MULAI DARI
PERSYARTAN EMISI SAMPAI KE TANGAN INVESTOR. KEMUDIAN DILANJUTKAN DENGAN
PENJUALAN DAN PEMBELIAN SAHAM DAN OBLIGASI DI PASAR PERDANA (PRIMER) SAMPAI DI
PASAR SEKUNDER.
ADAPUN PROSEDUR DAN
TAHAPAN EMISI ADALAH SEBAGAI BERIKUT :
1.
TAHAPAN EMISI
A.
TAHAP PERSIAPAN
TAHAP PERTAMA BAGI
PERUSAHAAN YANG AKAN MENCARI MODAL DI PASAR MODAL ADALAH MELAKUKAN RUPS. DI
DALAM RUPS YANG DIHADIRI OLEH PARA PEMEGANG
SAHAM AKAN DIBICARAKAN ANTARA LAIN :
-
TUJUAN
MENCARI MODAL DI PASAR MODAL
-
JENIS
MODAL YANG DIINGINKAN
-
JUMLAH
MODAL YANG DIBUTUHKAN
-
DAN
LAIN-LAIN YANG BERKAITAN DENGAN EMISI
B. PENYAMPAIAN LETTER OF INTENT
HASIL RAPAT YANG TELAH DISETUJUI
DALAM RUPS DITUANGKAN DALAM SURAT.
KEMUDIAN DIAJUKAN KE BAPEPAM SEBAGAI WUJUD AKAN MENERBITKAN EFEK DI PASAR MODAL
PENYAMPAIAN
LETTER OF INTENT MELIPUTI :
-
PERNYATAAN
UNTUK EMISI
-
JENIS
EFEK
-
NOMINAL
EFEK
-
WAKTU
EMISI
-
TUJUAN
DAN PENGGUNAAAN DANA EMISI
-
DATA-DATA
MENGENAI PERUSAHAAN
-
NAMA
DAN ALAMAT BANK YANG MENJADI RELASI, NOTARIS, AKUNTAN DAN PENASEHAT HUKUM
C. PENYAMPAIAN PERNNYATAAN PENDAFTARAN
LANGKAH SELANJUTNYA SETELAH
PENYAMPAIAN LETTER OF INTENT ADALAH PENYAMPAIAN PERNYATAAN PENDAFTARAN YANG
MEMUAT INFORMASI2 ANTARA LAIN :
- DATA TENTANG MANAJEMEN DAN
KOMISARIS
- DATA TENTANG STRUKTUR MODAL
- KEGIATAN USAHA EMITEN
- RENCANA EMISI
- PENJAMIN PELAKSANA EMISI
D. EVALUASI OLEH BAPEPAM
APABILA SELURUH DOKUMEN YANG
DIPERSYARATKAN TELAH DIPENUHI MAKA BAPEPAM AKAN MELAKUKAN EVALUASI TERHADAP DOKUMEN2
YANG TELAH DISAMPAIKAN. EVALUASI OLEH BAPEPAM MELIPUTI KELENGKAPAN DOKUMEN.
KELENGKAPAN DOKUMEN HARUS ADA
DAN DIKATAKAN LENGKAP ANTARA LAIN MELIPUTI :
-
PERNYATAAN
PENDAFTARAN
-
ANGGARAN
DASAR PERUSAHAAN
-
LAPORAN
KEUANGAN
-
JENIS
SURAT
PERJANJIANYANG TELAH DIBUAT DENGAN PENJAMIN EMISI , DEALER, WALI AMANAT,
PENANGGUNG DAN PERJANJIAN LAINNYA
-
SURAT PENDAPAT DARI SEGI HUKUM
-
LAPORAN
DARI PERUSAHAAN PENILAI
-
JADWAL
WAKTU EMISI DARI PENJAMIN EMISI
-
LAPORAN
HASIL EVALUASI YANG DILAKSANAKAN OLEH PENJAMIN EMISI
-
SURAT PERNYATAAN DARI AKUNTAN (COMFORT LETTER)
-
SURAT PERNYATAAN DARI MANAJEMEN
-
DRAFT
PROSPEKTUS
PENELAAHAN DOOKUMEN ANTARA LAIN :
-
TERHDAP
LAPORAN KEUANGAN
-
TERHADAP
COMFORT LETTER
-
TERHADAP
SELURUH BENTUK DAN ISI DOKUMEN LAINNYA
KHUSUS UNTUK PROSPEKTUS
PENELAAHAN HARUS MELIPUTI KELENGKAPAN INFORMASI YANG AKAN DIBERIKAN KEPADA
MASYARAKAT UMUM. INFORMASI YANG HARUS ADA
DI DALAMNYA ANTARA LAIN :
-
PENJELASAN
UMUM MENGENAI PENAWARAN SAHAM ATAU OBLIGASI
-
TUJUAN
PENAWARAN UMUM
-
RENCANA
PENGGUNAAN DANA
-
SEJARAH
PERUSAHAAN
-
USAHA2
PERUSAHAAN
-
PROSPEK
USAHA
-
FAKTOR2
RESIKO USAHA
-
IKHTISAR
KEUANGAN PERUSAHAAN
-
STRUKTUR
PERMODALAN
-
KEBIJAKAN
DEVIDEN
-
PENGURUS
DAN PENGAWAS
-
PANJAMIN
EMISI
-
LEMBAGA2
PENUNJANG
-
LAPORAN
DARI PARA PENILAI
-
PENDAPAT
DARI SEGI HUKUM
-
LAPORAN
AKUNTAN PUBLIK
-
ANGGARAN
DASAR PERSEROAN
-
PERSYARATAN
PEMESANAN
-
MASALAH
PERPAJAKAN
-
PENYEBARLUASAN
PROSPEKTUS
-
FORMULIR
PEMESANAN
JIKA SUDAH MEMENUHI PERSYARATAN MAKA
DIAJUKAN KE LANGKAH SELANJUTNYA, NAMUN APABILA BELUM MAKA DIMINTA UNTUK
MELENGKAPINYA ATAU DAPAT PULA DITOLAK APABILA TIDAK SESUAI DENGAN PERATURAN
YANG BERLAKU
E. DENGAR PENDAPAT TERBUKA
SETELAH SEMUA PERSYARATAN DILENGKAPI
OLEH PERUSAHAAN YANG AKAN MELAKUKAN EMISI MAKA LANGKAH SELANJUTNYA ADALAH MENGADAKAN
DEBAT TERBUKA. DEBAT TERBUKA DIIKUTI OLEH :
-
BAPEPAM
-
PERUSAHAAN
YANG BERSANGKUTAN
-
SERTA
LEMBAGA2 TERKAIT LAINNYA
TUJUAN DEBAT TERBUKA ADALAH UNTUK
MEDAPATKAN INFORMASI LANGSUNG DARI PIHAK YANG AKAN MELAKUKAN EMISI.
2.
PERSYARATAN EMISI
IJIN REGISTRASI DAN LISTING DIBERIKAN
OLEH BAPEPAM SETELAH SETELAH MEMENUHI PERSYARATAN YANG TELAH DITETAPKAN
SEBELUMNYA. SETELAH REGISTRASI DI BAPEPAM, EMITEN HARUS LISTING DI BURSA PALING LAMBAT 90
HARI SETELAH IJINREGISTRASI DIKELUARKAN
F. PASAR PERDANA (PRIMARY MARKET)
PENAWARAN EFEK SETELAH PEMBERIAN IJIN
EMISI SAMPAI DENGAN PENCATATAN DI BURSA
DISEBUT [ASAR PERDANA (PRIMARY MARKET)
PENAWARAN
EFEK DI PASAR PERDANA MEMILIKI BEBERAPA TAHAP PERSYARATAN YANG HARUS DILALUI
DAN DIPENUHI. ADAPUN TAHAP2 PENAWARAN EFEK DI PASAR PERDANA SEBAGAI BERIKUT :
1.
PENGUMUMAN DAN PENDISTRIBUSIAN
PROSPEKTUS
PENGUMUMAN DAN PENDISTRIBUSIAN
PROSPEKTUS KEPADA CALON PEMINAT DIMAKSUDKAN AGAR CALON PEMBELI MENGETAHUI
KEHENDAK EMITEN DAN MEMPELAJARI TAWARAN DARI EMITENDARI PROSPEKTUS YANG DISEBARLUASKAN.
INFORMASI YANG HARUS ADA
DALAM PROSPEKTUS MINIMUM ADALAH SEBAGI BERIKUT :
-
TUJUAN
PENAWARAN UMUM
-
SUSUNAN
DIREKSI DAN KOMISARIS
-
MASA
PENAWARAN
-
TANGGAL
PENJATAHAN
-
TANGGGAL
PENGEMBALIAN
-
TANGGAL
PENCATATAN DI BURSA
-
HARGA
SAHAM ATAU OBLIGASI
-
PENJAMIN
EMISI
-
LAPORAN
KEUANGAN RINGKAS
-
BIDANG
USAHA EMITEN
-
NOMOR
DAN TANGGAL EMISI
-
STRUKTUR
PERMODALAN EMITEN
2. MASA PENAWARAN
MASA PENAWARAN DILAKUKAN SETELAH
PENYEBARLUASAN PROSPEKTUS. JANGKA WAKTU MINIMUM 3 HARI KERJA DAN JANGKA WAKTU
ANTARA PEMBERIAN IJIN EMISI DENGAN PADA SAAT PENCATATAN DI BURSA DITETAPKAN MAKSIMUM 90 HARI. INVESTOR
YANG AKAN MEMESAN EFEK DILAKUKAN PADA MASA PENAWARAN DENGAN CARA MENGISI
FORMULIR PESANAN YANG TELAH DISEDIAKAN. FORMULIR PESANAN JUGA HENDAKNYA MEMUAT INFORMASI YANG JELAS TENTANG
:
-
HARGA
SAHAM/OBLIGASI
-
JUMLAH
SAHAM ATAU OBLIGASI YANG DIPESAN
-
IDENTITAS
PEMESAN
-
TANGGAL
PENJATAHAN DAN PENGEMBALIAN DANA JUMLAH UANG YANG DIBAYARKAN
-
AGEN
PENJUAL YANG DIHUBUNGI
-
TATA
CARA PEMESANAN
3.
MASA PENJATAHAN
JIKA SEMUA PESANAN TELAH DILAKUKAN
MAKA LANGKAH SELANJUTNYA ADALAH MELAKUKAN PENJATAHAN. PENJATAHAN DILAKUKAN
APABILA JUMLAH YANG DIPESAN OLEH INVESTOR MELEBIHI JUMLAH YANG DISEDIAKAN
EMITEN. MASA PENJATAHAN DIHITUNG 12 HARI KERJA SETELAH MULAI BERAKHIRNYA MASA
PENAWARAN
4.
MASA PENGEMBALIAN
APABILA JUMLAH YANG DIPESAN OLEH
INVESTOR TIDAK DAPAT DIPENUHI, MAKA EMITEN HARUS MENGEMBALIKAN DANA YANG TIDAK
DAPAT DIPENUHINYA. BATAS WAKTU MAKSIMAL 4 HARI TERHITUNG MULAI BERAKHIRNYA MASA
PENJETAHAN
5.
PENYERAHAN EFEK
BAGI INVESTOR YANG SUDAH MEMPEROLEH
KEPASTIAN MEMPEROLEH EFEK MAKA TINGGGAL MENUNGGU PENYERAHAN EFEK. PENYERAHAN
EFEK DILAKUKAN OLEH PENJAMIN EMISI SESUAI PESANAN INVESTOR MELALUI AGEN
PENJUAL. MAKSIMUM MASA PENYERAHAN EFEK 12 HARI KERJA TERHITUNG MULAI TANGGAL
BERAKHIRNYA MASA PENJATAHAN
6. PENCATATAN EFEK DI BURSA
SETELAH SEMUA PROSES DILAKUKAN MAKA
EFEK DICATAT DI BURSA
EFEK. PENCATATAN EFEK MERUPAKAN PROSES PROSES AKHIR EMISI EFEK DI PASAR PERDANA
DAN SECARA RESMI DAPAT DIPERDAGANGKAN DI PASAR SEKUNDER
7. PASAR SEKUNDER (SECONDARY MARKET)
PASAR SEKUNDER DIMULAI SETELAH
BERAKHIRNYA MASA PENCATATAN DI PASAR PERDANA. DALAM PASAR SEKUNDER PERDAGANGAN
EFEK TERJADI ANTARA PEMEGANG SAHAM DENGAN CALON PEMEGANG SAHAM. UANG YANG
DIPUTAR DI PASAR SEKUNDER TIDAK LAGI MASUK KE PERUSAHAAN YANG MENERBITKAN EFEK
AKAN TETAPI BERPINDAHTANGAN DARI SATU PEMEGANG KE PEMEGANG SAHAM YANG LAIN.
BAGI
PEMEGANG SAHAM YANG TUJUAN UTAMANYA ADALAH UNTUK BERDAGANG, MAKA BEGITU
BERAKHIRNYA PASAR PERDANA DAN DIBUKANYA PASAR SEKUNDER DAPAT MENJUAL KKEMBALI
SAHAMNYA APABILA HARGA MENINGKAT.
No comments:
Post a Comment